Teknik Promosi Buku
anggal Pertemuan : 23 Agustus 2021
Resume ke : 19
Tema : Teknik Promosi Buku
Nara Sumber : Akbar Zainudin, MM. MJW
Moderator : Ibu Kanjeng
Gelombang : 19
Tidak kenal maka tidak akan sayang. Kecintaan terhadap sesuatu berawal dari tampilan pertama. Tampilan yang menarik merupakan magnet bagi penikmat kepuasan. Begitulah konsep penjaja produk yang ingin segera dibeli oleh konsumen. Buku yang sudah tercetak sudah semestinya bisa dinikmati oleh para pembaca dikalangan masyarakat luas. Bagaimana agar buku kita bisa menyebar dan bisa dipasarkan, dalam hal ini Bapak Akbar Zainudin, MM. MJW akan manyampaikan tentang ' Teknik Promosi Buku.
Sudah memasuki pertemuan ke 19.kegiatan belajar menulis bersama Omjay dan PGRI. 18 pertemuan sudah dilalui. Detik-detik terkhir menyiapkan mental untuk segera bangkit untuk segera bisa menyelesaikan resume. Omjay memberikan semangat kepada peserta mewujudkan impian untuk mendapatkan mahkota dengan karya buku solo. "Menaklukkan ribuan orang belum tentu disebut sebagai pemenang. Tapi mengalahkan diri sendiri itulah yang disebut penakluk gemilang."
Mengenal sosok Bapak Akhbar Zainudin, MM, MJW. Beliau lahir di Banyumas, Jawa Tengah, 7 Februari 1973. Merupakan alumni Pondok Modern Gontor tahun 1991. Mengenyam pendidikan S1 di UIN Jakarta dan S2 di Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya, Jakarta dan sedang menyelesaikan program Doktor Manajemen SDM di Universitas Negeri Jakarta.
Beberapa buku karya Bapak Akbar : "Man Jadda Wajada, Man Jadda Wajada 2, Man Jadda Wajada 3, 10 Jalan Sukses, Hasanah Dunia Akhirat, Berwirausaha Modal Man Jadda Wajada, Man Jadda Wajada: Ketika Sukses Berawal dari Pesantren, Man Jadda Wajada for Teen, UKTUB: Strategi Menulis B buku dalam 180 Hari, biografi jenderal Dicky Wainal Usman, Big Motivation, Diary Santri dan diary Man Jadda Wajada." dan buku terbaru beliau adalah "The Power of Man Jadda Wajada." Semacam penyempurnaan dari "Man Jadda Wajada" seri pertama.
Ibu Kanjeng sebagai moderator mengenalkan narasumber dan mengajak para peserta untuk menjadi penulis handal. Kata kata motivasi yang luar biasa. Bagaimana tidak, sebagai penulis pemula yang diibaratkan kecambah baru tumbuh, sudah dihadapkan tantangan menjadi penulis yang sudah kawakan. Ibu Kanjeng memang sungguh sang motivator. Semoga bisa meniru jejak langkah beliau.
Buku yang berjudul "Man Jadda Wajada" Merupakan buku solo karya bapak Akbar Zainudin yang pertama. Sebelumnya beliau menulis beberapa buku antologi. Buku tersebut saat ini merupakan cetakan ke-13, dan sudah beredar sebanyak 55.000 eksemplar. Sangat luar biasa, energi penarik yang di dalamnya penuh makna. Dengan cetakan kesekian kali menandakan buku tersebut tidak lekang di makan waktu. Setelah buku "Man Jadda Wajada" beliau terus produktif hingga menuliskan 15 buku, dengan rentang waktu dari tahun 2010 hingga sekarang.
Untuk selanjutnya beliau mengenalkan buku tentang menulis yakni UKTUB dan buku Panduan Menulis Buku dalam 180 hari yang sangat bagus untuk dimiliki para penulis pemula. Materi tentang strategi pemasaran beliau ambil dari kedua buku tersebut. Di dalamnya juga tercantum alamat 150-an penerbit yang bisa dikirimi naskah, anggota IKAPI.
Adapun YouTube beliau tentang cara promosi buku agar best seller dapat dilihat pada link: https://www.youtube.com/watch?v=lZhAixv86wA
Sebelum menulis target pembaca harus diketahui terlebih dahulu. Pembaca yang kita bidik akan menentukan jenis dan muatan tulisan. Apakah pembaca yang kita bidik dari kalangan orang tua, remaja, anak -anak ataupun dari kalangan berbagai profesi. Sudah barang tentu mempunyai strategi yang berbeda beda pula.
Strategi pemasaran yang disampaikan Bapak Akbar Zainudin terdiri dari empat hal, yang biasa disebut sebagai 4P, yaitu Product (Strategi Produk), Price (Strategi Harga), Place of Distribution (Distribusi), dan Promotion (Promosi).
Strategi Produk
Strategi tersebut lebih banyak menjadi tanggung jawabnya penerbit. Penulis diposisikan untuk memberi masukan siapa target pembaca dan apa kebutuhan mereka terhadap buku kita. Jadi, konsep buku yang akan diterbitkan nanti menyesuaikan dengan kebutuhan dari target audiens.
Strategi Harga
Sedangkan distribusi non tradisional, di antaranya adalah:
- Melalui MLM (Multilevel Marketing)
- Melalui Penjualan Langsung
- Melalui Marketplace/e-Commerce (Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan lain-lain).
Strategi Promosi
Program promosi bisa dilakukan oleh penerbit maupun penulis. Beberapa program promosi yang bisa dilakukan adalah:
Pertama, launching buku. Merupakan program untuk meluncurkan buku baru. Bisa di aula, masjid, lembaga pendidikan, hotel, di mana saja. Hal tersebut yang mengadakan bisa penerbit maupun penulis dan yang membiayai launching buku tersebut bisa penerbit, bisa penulis. Kita perlu meyakinkan penerbit jika buku kita akan laku. Menurut Bapak Akbar, di toko-toko buku Gramedia sudah ada tempat untuk launching buku. Tinggal Kita memanfaatkan tempat tersebut dengan mempromosikan acaranya.
Sebagai penulis akan dihadapkan pada dilema, apakah tulisan hanya akan kita konsumsi sendiri. Agar bisa dimanfaatkan orang lain perlu mempelajari ilmu pemasaran. Cara memasarkan produk melalui promosi baik offline maupun online. Kita sering menemui gaya penjual dalam menawarkan barangnya melalui medsos. Bahkan orang orang terdekat kita, sering membuat jengkel. Setiap saat konten Facebook atau Instagram yang mereka tampilkan hanya produk jualan. Tampilan tidak bersahabat, dan tidak ada komunikasi berupa sentuhan nurani yang saling memerlukan. Kesan yang ditimbulkan adalah keuntungan sepihak.
Pada kondisi lain kita menemui orang yang mengajak pertemanan. Sebenarnya tujuan mereka adalah melakukan promosi. Namun dia mampu membaca apa yang kita perlukan.. Dengan menawarkan solusi, trik trik atau cara menjaga kesehatan dan sebagainya, ada greget untuk mengetahui lebih dekat.. Padahal mereka sesekali menawarkan promosi produk. Apalagi jika produk tersebut berupa buku yang sangat kita perlukan. Ternyata benar apa yang disampaikan Bapak Akbar, Ikatan harus dibangun dan baru melakukan selling.
Sebagai penulis pemula, bisa menulis dengan baik, itu sudah suatu kebanggaan. Apalagi buku sudah bisa diterbitkan. Untuk melakukan promosi yang lebih luas memerlukan waktu, tenaga dan pikiran yang lebih ekstra. Kita ditantang untuk menjadi seorang entrepreneur sejati. Namun tantangan harus di jalani jika menginginkan buku kita bisa terjual lebih banyak bahkan best seller. Bagi penulis pemula merupakan mimpi, namum tidak menutup kemungkinan jika Allah menghendaki. "Man Jadda Wajada," walaupun belum membaca isi buku karya bapak Akbar, sungguh sangat menginspirasi. Terimakasih Bapak Akbar....
Alhamdulillah, semoga segera terbit buku dan di lancarkan pemasarannya
BalasHapusAamiin..
HapusSemakin indah rangkaian tulisan. Padat pula isi yang diaajikan. Swmoga segera terwujud buku yang dimimpikan. Selanjutnya, laris meanis terjual berkat ilmu pemasaran dari Pak Akbar. Semangat!
BalasHapusAamiin..terimakasih Bu .
Hapus