Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis
Tanggal Pertemuan : 20 Agustus 2021
Resume ke : 18
Tema : Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis
Nara Sumber : Yulius Roma Pantadean, M.Pd
Moderator : Ibu Kanjeng
Gelombang :19
Pekerjaan yang selesai akan terlihat indah jika kita buat serapi mungkin. Akan menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa pun. Tulisan yang rapi, sistematis dan enak di baca, sangat membantu bagi pembaca untuk memahami isi bacaan. Apalagi jika tulisan kita siap dijadikan buku. Pada kegiatan belajar menulis bersama Omjay dan PGRI pertemuan ke 18 ini akan dibahas tuntas oleh Bapak Yulius Roma Pantadean, M.Pd dengan tema "Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis."
Ibu Kanjeng sebagai moderator mengawal pertemuan dengan ucapan salam dan mengajak peserta untuk berdoa sejenak. Beliau menyampaikan narasumber hebat dari Tanah Toraja akan membersamai kegiatan belajar menulis, beliau menyebut dengan kata sapaan Bang Roma.
Mengenal profil Bapak Yulius Roma Pantandean, M.Pd. Lahir di Salubarani Gandangbatu Sillanan, Kabuapten Toraja tanggal 6 Juli 1984. Menyelesaikan pendidikan S1 Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Kristen Indonesia Toraja (2003-2007) dan pendidikan S2 di Institut Agama Kristen Negeri Toraja (2019-2021). Beliau adalah seorang guru SMA dan pernah menjadi pengajar tidak tetap di Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Toraja dan tutor Universitas Terbuka dan Fasilitator Belajar Yayasan Trampil Indonesia.
Banyak prestasi dan karya yang telah beliau tulis. bisa dilihat pada link : https://romadean.blogspot.com/2021/01/profil.html
Canel youtube beliau: https://www.youtube.com/c/RomaPatandean
Pada era komputerisasi kita dipermudah dalam bekerja. Penulisan naskah buku jika salah tinggal delete dan backspace. Tak bisa kita bayangkan sebelum mengenal komputer, mesin ketik sebagai andalan para penulis. Banyak fasilitas pada microsof word yang belum kita manfaatkan secara maksimal, walaupun kita sudah menggunakan bertahun-tahun. Bang Roma memberikan tutorial cara menyusun buku secara sistematis pada microsof word melalu Chanel YouTube. Sebelum memberikan materi beliau memberi pesan motivatif kepada para peserta, "Yakinlah dengan kualitas naskah buku yang telah disiapkan. Bagaimanapun sederhananya naskah tulisan kita, ia akan memiliki tempat tersendiri di hati pembacanya. Hindari rasa minder, bahwa naskahnya tidak baik. Pegang prinsip, naskah buku yang ada sangat baik untuk diterbitkan."
Cara membuat judul, Bab,Sub Judul tulisan pada buku secara otomatis
https://www.youtube.com/watchv=jXPr59aWJSc
Cara Membuat Daftar Isi, Kutipan, Indeks dan Dafatr Pustaka Otomatis.
https://www.youtube.com/watchv=eePQwyHAcjw
Cara membuat indeks tulisan berbentuk buku
https://www.youtube.com/watch?v=mS8bfNZT-rAk
Dari paparan Bang Roma di Chanel You Tube dapat kita ikuti langkah menyusun buku secara sistematis sebagai berikut,
Sebagai contoh sistematika buku :
COVID 19 (judul)
YULIUS ROMA (nama penulis)
KATA PENGANTAR
PRAKATA
DAFTAR ISI,
DAFTAR TABEL
BAB I PENGERTIAN COVID 19
BAB II COVID 19 DI INDONESIA
INDEKS
DAFTAR PUSTAKA
1. Blog sistematika tersebut, dan klik heading 1
Maka akan terintegrasi daftar isi. Kita rapikan lagi, dihitamkan dan rata tengah dengan ukuran kertas A5
2. Langkah selanjutnya kita buat sub judul, misalnya,
Bab II COVID 19 DI INDONESIA
A. Asal mula covid 19
B. Sejarah perkembangannya
Sub judul kita blog dan kita klik heading 2
Kemudian sistematika tersebut kita pisahkan perhalaman.
3. Penomoran halaman judul, pengantar, prakata, daftar isi, daftar tabel menggunakan angka romawi. Klik page number~ klik format page number, pilihlah angka romawi pada kolom number formula
Agar halaman bab berbeda dengan penomoran halaman judul, pengantar, prakata, daftar isi, daftar tabel, yakni menggunakan penomoran angka, maka kita letakkan kursor di belakang BAB I kemudian klik Page layout ~ klik breaks ~ pilih section breaks ~ next page.
Selanjurnya untuk pengaturan penomoran angka pada BAB kita atur lagi seperti pada point 3, klik page number ~ format page number. pilihlah angka pada kolom number formula
Jika kita menambahkan subbab maka kita ulangi seperti pada point 2, yakni blog subjudul ~ klik heading 2. Untuk selanjutnya klik daftar isi ~ klik update table , maka subbab yang ditambahkan akan muncul.
4. Mengambil kutipan dari buku
Untuk menambahkan kutipan, kalimat yang kita kutip, klik references ~ klik manage sources ~ new , type sources : book . Author kita isi nama penulis misal: Wijaya Kusuma; Richadius Eko Indrajit , Title isi kita judul buku
Jika sudah selesai klik ok ~klik insert citation, maka akan muncul kutipan. Untuk menampilkan daftar pustaka klik Bibliografi
6. Indeks
Biasanya pada penerbit mayor menggunakan indeks. Kita blog istilah yang akan kita masukkan dalam indeks . Selanjutnya kita klik mark Entry~ mark all
untuk menghilangkan tanda yang kelihatan kacau klik home ~ klik bagian yang ada tanda tersebut. Halaman Indeks kita tarik ke belakang, klik kursor dibawahnya, kemudian klik references lagi ~ klik insert Indeks
Agar kita terbiasa menyusun naskah secara sistematis, Bang Roma memberkani trik yakni CLBK. Jangan salah arti lho..., bukan berarti Cinta Lama Bersemi Kembali. CLBK adalah Coba Lakukan Biasakan Konsisten. Membulatkan tekad dengan tindakan nyata sehingga terbentuk rangka bangun untuk menumbuhkan pembiasaan, menjaga konsistensi yang merupakan modal dasar penulis. Untuk mempermudah dalam menulis buku, yang dilakukan Bang Roma adalah pada awalnya tidak langsung membuat subjudul namun menulis sebanyak banyaknya. Judul dan subjudul dirancang belakangan. Hal tersebut untuk menghindari pikiran yang terbatasi. Urutan bab dan subbab baru dilakukan saat proses pengeditan. Beliau selalu memegang titipan tips dari prof Eko yakni maksimal menulis di akhir pekan, Sabtu dan Minggu. Selalu mengabadikan setiap moment yang berupa foto yang tersimpan di handphone kita sebagai sumber inspirasi.
Penutup: Banyak ilmu yang kita peroleh dari Bang Roma tentang penyusunan naskah buku. Pengalaman beliau dapat kita ambil pelajaran. Langkah-langkah penyusunan naskah buku secara sistematis sangat efektif untuk penghematan waktu. Dengan memanfaatkan fasiitas yang tersedia di microsof word. Selama ini yang kita ketahui hanya sebatas mengetik dokumen di mirosoft word secara manual. Jika ada kesalahan kita edit satu persatu yang memerlukan waktu agak lama. Itupun tidak menjamin akan kerapian tulisan kita. Dengan tersedianya konten cara otomatis yang baru kita ketahui akan mempermudah kita dalam menyusun tugas kita yakni bisa menerbitkan buku yang merupakan tantangan dalam kegiatan belajar menulis dan kelak sebagai batu pijakan untuk bisa menghasilkan karya berikutnya. Terimakasih Bang Roma atas ilmunya....
Resume yang luar biasa padat berisi. Materi dikupas habis dengan sempurna. Semoga segera menerbitkan buku. Semangat!
BalasHapusAamiun.trimakaih Bu Ros. .kunjungannya
BalasHapus