Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis

Tanggal Pertemuan        : 20   Agustus 2021

Resume ke                    : 18

Tema                            : Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis

Nara Sumber                : Yulius Roma Pantadean, M.Pd

Moderator                    :  Ibu Kanjeng

Gelombang                    :19

Pekerjaan yang selesai akan terlihat indah jika kita buat serapi mungkin. Akan menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa pun. Tulisan  yang rapi, sistematis  dan enak di baca, sangat membantu bagi pembaca untuk memahami isi bacaan. Apalagi jika tulisan kita siap dijadikan buku. Pada kegiatan belajar menulis bersama Omjay dan PGRI pertemuan ke 18 ini akan dibahas tuntas oleh Bapak Yulius Roma Pantadean, M.Pd  dengan tema "Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis."

Ibu Kanjeng sebagai moderator  mengawal pertemuan   dengan ucapan salam dan mengajak peserta untuk berdoa sejenak.  Beliau menyampaikan  narasumber hebat dari Tanah Toraja akan membersamai kegiatan belajar menulis, beliau menyebut dengan kata sapaan Bang  Roma.

Mengenal profil Bapak Yulius Roma Pantandean, M.Pd. Lahir di Salubarani Gandangbatu Sillanan, Kabuapten Toraja tanggal 6 Juli 1984.  Menyelesaikan pendidikan S1 Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Kristen Indonesia Toraja (2003-2007) dan pendidikan S2 di Institut Agama Kristen Negeri Toraja (2019-2021). Beliau adalah seorang guru  SMA dan pernah menjadi pengajar  tidak tetap di Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Toraja dan tutor Universitas Terbuka dan Fasilitator Belajar Yayasan Trampil Indonesia. 

Banyak prestasi dan karya yang telah beliau tulis. bisa dilihat pada link : https://romadean.blogspot.com/2021/01/profil.html

Canel youtube beliau: https://www.youtube.com/c/RomaPatandean

Beliau meyakini bahwa para peserta sudah menyiapkan rancangan bangunan buku setelah mengikuti beberapa pertemuan. Sungguh sebuah motivasi yang luar biasa, hanya sekedar sentilan sedikit, membuat kita sadar untuk segera membenahi resume kita yang dari awal belum kita lakukan pengeditan. Jadi teringat kata kata Omjay agar selalu menengok  resume yang telah kita buat, jangan seperti orang buang hajat, jika sudah selesai kita abaikan. 

Pada era komputerisasi kita dipermudah dalam bekerja. Penulisan naskah buku jika salah tinggal delete dan backspace. Tak bisa kita bayangkan sebelum  mengenal komputer, mesin ketik sebagai andalan para penulis. Banyak  fasilitas  pada microsof word yang belum kita manfaatkan secara maksimal, walaupun kita sudah menggunakan bertahun-tahun. Bang Roma memberikan tutorial cara menyusun buku secara sistematis pada microsof word  melalu Chanel YouTube.  Sebelum memberikan materi beliau memberi pesan motivatif kepada para peserta,  "Yakinlah dengan kualitas naskah buku yang telah disiapkan. Bagaimanapun sederhananya naskah tulisan kita, ia akan memiliki tempat tersendiri di hati pembacanya. Hindari rasa minder, bahwa naskahnya tidak baik. Pegang prinsip, naskah buku yang ada sangat baik untuk diterbitkan."

Cara membuat judul, Bab,Sub Judul tulisan  pada buku secara otomatis 

https://www.youtube.com/watchv=jXPr59aWJSc

Cara Membuat Daftar Isi, Kutipan, Indeks dan Dafatr Pustaka Otomatis.

https://www.youtube.com/watchv=eePQwyHAcjw

Cara membuat indeks tulisan berbentuk buku 

https://www.youtube.com/watch?v=mS8bfNZT-rAk

Dari paparan Bang Roma di Chanel You Tube dapat  kita ikuti  langkah menyusun buku secara sistematis sebagai berikut, 

 Sebagai contoh sistematika  buku : 

COVID 19 (judul)

YULIUS ROMA (nama penulis)

KATA PENGANTAR

PRAKATA

 DAFTAR ISI, 

DAFTAR TABEL

 BAB I  PENGERTIAN COVID 19

BAB II COVID 19 DI INDONESIA

INDEKS

DAFTAR PUSTAKA

1. Blog sistematika tersebut, dan klik heading 1




Maka akan terintegrasi daftar isi. Kita rapikan lagi, dihitamkan dan  rata tengah dengan  ukuran kertas A5

2. Langkah selanjutnya kita buat sub judul, misalnya, 

Bab II COVID 19 DI INDONESIA

A. Asal mula covid 19

B. Sejarah perkembangannya

Sub judul kita blog dan kita klik heading 2



Kemudian sistematika tersebut kita pisahkan perhalaman. 

3. Penomoran halaman judul, pengantar, prakata, daftar isi, daftar tabel menggunakan angka romawi. Klik page number~ klik format page number, pilihlah angka romawi pada kolom number formula




Pada halaman judul agar tidak muncul angka romawi , centang different firs page



Agar  halaman bab berbeda dengan penomoran halaman judul, pengantar, prakata, daftar isi, daftar tabel,  yakni menggunakan penomoran angka, maka  kita letakkan kursor di belakang BAB I kemudian klik Page layout ~  klik breaks ~ pilih section breaks ~ next page. 



Selanjurnya untuk pengaturan penomoran angka pada BAB kita atur lagi seperti pada point 3, klik page number ~ format page number. pilihlah angka  pada kolom number formula

Jika kita menambahkan  subbab maka kita ulangi seperti pada point  2,  yakni blog subjudul ~ klik heading 2.  Untuk selanjutnya klik daftar isi ~ klik update table , maka subbab yang ditambahkan akan muncul.



4. Mengambil kutipan dari buku
Untuk menambahkan kutipan, kalimat yang kita kutip,  klik references ~ klik manage sources ~ new , type sources  : book . Author kita isi nama penulis misal: Wijaya Kusuma; Richadius Eko Indrajit , Title  isi kita judul buku


Jika sudah selesai klik ok ~klik insert citation, maka akan muncul kutipan. Untuk menampilkan daftar pustaka klik Bibliografi



5. Mengambil kutipan dari website

klik references ~ klik manage sources ~ new , type sources website.  buka website yang kita ambil, Name of web page kita isi judul tulusan, name of web site kita isi nama web, alamat web bisa kita copi paste , masukkan pada kolom URL



6. Indeks
Biasanya pada penerbit mayor menggunakan indeks.   Kita blog istilah yang akan  kita masukkan dalam indeks . Selanjutnya kita klik mark Entry~ mark all





 untuk menghilangkan tanda yang kelihatan kacau  klik home ~ klik  bagian yang ada tanda tersebut.  Halaman Indeks kita tarik ke belakang, klik kursor dibawahnya,   kemudian klik references lagi ~ klik insert Indeks 


 

Agar kita terbiasa  menyusun naskah secara sistematis, Bang Roma  memberkani trik yakni CLBK. Jangan salah arti lho..., bukan berarti  Cinta Lama Bersemi Kembali.  CLBK adalah Coba Lakukan Biasakan Konsisten. Membulatkan tekad dengan tindakan nyata sehingga terbentuk rangka bangun untuk menumbuhkan pembiasaan, menjaga konsistensi yang merupakan  modal dasar penulis.  Untuk mempermudah dalam menulis buku,  yang dilakukan Bang Roma adalah  pada awalnya  tidak langsung membuat subjudul namun menulis sebanyak banyaknya.  Judul dan subjudul dirancang belakangan. Hal tersebut untuk menghindari  pikiran yang terbatasi.  Urutan bab dan subbab  baru dilakukan saat proses pengeditan. Beliau selalu memegang titipan tips dari prof Eko yakni maksimal menulis di akhir pekan, Sabtu dan Minggu. Selalu mengabadikan setiap moment yang berupa foto yang tersimpan di handphone  kita sebagai sumber inspirasi. 

 Penutup:  Banyak ilmu yang kita peroleh dari Bang Roma tentang penyusunan naskah buku. Pengalaman beliau dapat kita ambil pelajaran. Langkah-langkah penyusunan naskah buku secara  sistematis sangat efektif  untuk penghematan waktu.  Dengan memanfaatkan fasiitas yang tersedia di microsof word.  Selama ini yang kita ketahui hanya sebatas mengetik dokumen di mirosoft word secara manual. Jika ada kesalahan kita edit satu persatu yang memerlukan waktu agak lama. Itupun tidak menjamin akan kerapian tulisan kita. Dengan tersedianya konten cara otomatis yang baru kita ketahui akan mempermudah kita dalam menyusun tugas kita yakni bisa menerbitkan buku yang merupakan tantangan dalam kegiatan belajar menulis dan kelak sebagai batu pijakan untuk bisa menghasilkan karya berikutnya.  Terimakasih Bang Roma atas ilmunya....

Komentar

  1. Resume yang luar biasa padat berisi. Materi dikupas habis dengan sempurna. Semoga segera menerbitkan buku. Semangat!

    BalasHapus
  2. Aamiun.trimakaih Bu Ros. .kunjungannya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gelombang Senja

Membangun Digital Space yang Aman Untuk Anak

BUku Mahkota Penulis, Buku Muara Penulis